Da Vinci Surginal System Teknologi Baru Untuk Bedah Invasif

Da Vinci Robotic Surgery system adalah teknologi terbaru untuk bedah invasif minimal dengan menggunakan robot bedah canggih dan modern yang dapat memudahkan pekerjaan dokter bedah dan menyembuhkan pasien dengan luka operasi kecil, perdarahan minimal dan pemulihan lebih cepat.
Pada 2008, profesor Suren Krishnan adalah seorang dokter bedah yang pertama kali melakukan bedah telinga, hidung, dan tenggorokan (THT) menggunakan sistem da Vinci. Profesor itu jugalah yang sekarang terlibat dalam tim pengembangan HeroSurg.
Sejak saat itu, telah ada beberapa terobosan dan perbaikan terhadap sistem da Vinci tersebut. Kini telah hadir juga beberapa robot yang dapat melakukan tugas-tugas secara mengesankan, misalnya melakukan pembedahan pada jantung yang sedang berdenyut atau penjahitan jejaring lunak.
Sebagai Robot Bedah tercanggih, Da vinci surgery system memiliki beberapa fitur yaitu:
  • Lengan-lengan robot yang kecil dan multifungsi ini dapat mencapai organ-organ di dalam tubuh melalui lubang kecil karena lengan robot ini dapat berputar dan ditekuk jauh melebihi kemampuan manuver jari/tangan dokter.
  • Robot ini juga dilengkapi dengan kamera resolusi tinggi dan pembesaran maksimal membantu dokter melihat lebih jelas lagi.
  • Lengan multifungsi ini terdiri dari kamera, pisau dan gunting. Hal ini mengantisipasi tidak ada resiko gunting tertinggal di dalam perut.
Pada September lalu, para dokter bedah di University of Oxford mengumumkan keberhasilan penggunaan sistem Robotic Retinal Dissection Device (R2D2) untuk melakukan pembedahan rumit pada mata yang memerlukan ketelitian sub-milimeter--sesuatu yang tidak mungkin dilakukan tangan manusia.



Dilakukan oleh Dokter Bedah Terlatih dan Berpengalaman
Tidak semua dokter bedah atau dokter spesialis dapat melakukan tindakan operasi dengan robot bedah da vinci surgery ini. Dokter harus mengikuti pelatihan dan sertifikasi tertentu untuk dapat mengoperasikansetelah mendapat sertifikat resmi dari badan pelatihan dan baru dokter tersebut dinyatakan layak untuk melakukan operasi menggunakan robot bedah.
Kelebihan Bedah Invasif Minimal dengan bantuan Robot Bedah Da Vinci surgery
  • Lubang operasi lebih kecil, lebih cepat menutup dan bekas luka operasi minimal.
  • Rasa sakit dan nyeri setelah operasi lebih sedikit dan pemulihan lebih cepat..
  • Perdarahan lebih sedikit dan resiko infeksi/komplikasi lebih rendah.
  • Durasi operasi lebih pendek, demikian juga waktu rawat inap lebih singkat.
Perhatikan video berikut, Da Vinci Surgery sedang melakukan tes pembedahan pada sebuah anggur dan lihat apa yang terjadi :

Para peneliti Deakin University yakin bahwa HeroSurg dapat membantu dokter bedah dengan alat bantu yang diperlukan untuk tingkat pembedahan berikutnya, terutama karena sistem umpan balik haptik pada sistem tersebut.
Sensor-sensor merupakan bagian terintegrasi perangkat sehingga memungkinkan kekuatan yang dikirimkan oleh dokter bedah diukur saat itu juga, lalu menjadi umpan balik dalam bentuk getaran kepada tangan pengguna.
Karena bisa "merasa" dan melihat apa yang terjadi di meja bedah, manfaatnya tentu jelas dan lebih dari sekedar rasa percaya diri dokter bedah.
Menurut tim di belakan HeroSurg, sistem umpan balik memungkinkan para dokter untuk menyentuh jejaring tubuh manusia dan menentukan kekerasannya secara tepat.
Kemampuan membedakan kekerasan jaringan tersebut memungkinkan pengguna untuk membedakan jaringan normal dan abnormal, misalnya pada jaringan tumor.
Pembedaan kekerasan jaringan merupakan hal yang lazim dilakukan--dikenal sebagai palpasi--tapi dulunya belum mampu dilakukan oleh sistem bedah robotik.
Sistem yang baru juga mencakup kemampuan menghindari tabrakan karena sensor-sensor yang ditempatkan seputar sistem untuk memastikan bahwa lengan-lengan robotik dan meja bedah tidak saling bersinggungan agar perangkat tidak meleset dan melukai pasien.



Pengaturannya mencakup kemampuan pencitraan 3 dimensi dan rancangan konsol yang ergonomis demi kenyamanan pengguna agar tidak terganggu saat melakukan pembedahan.
Pengaturan juga dibuat moduler agar penggantian bagian-bagiannya lebih mudah untuk aplikasi-aplikasi tertentu.
HeroSurg diduga akan memberi dampak besar dalam dunia kedokteran dan tim perancangnya akan segera memulai percobaan pada manusia.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Implementasi Pengolahan Grafik Komputer dan Citra