Implementasi Pengolahan Grafik Komputer dan Citra
Implementasi
Grafik Komputer dan Pengolahan Citra
Grafik Komputer
(bahasa Inggris: computer
graphics) adalah bagian dari ilmu komputer yang berkaitan dengan pembuatan dan
manipulasi gambar (visual) secara digital. Bentuk sederhana dari grafika
komputer adalah grafika komputer 2D yang kemudian berkembang menjadi grafika
komputer 3D, pemrosesan citra (image processing), dan pengenalan pola (pattern
recognition). Grafika komputer sering dikenal juga dengan istilah visualisasi
data.
Komponen Dasar Sistem Grafik Interaktif :
·
Inputan : mouse, tablet dan stylus,
peralatan force feedback, scanner, live video stream, dll
·
Proses dan Penyimpanan
·
Keluaran : layar, printer berbasis kertas,
perekam video, non-linear editor, dll
Kegiatan yang Terkait dengan Grafik Komputer
·
Pemodelan geometris: menciptakan model
matematika dari objek-objek 2D dan 3D.
·
Rendering: memproduksi citra yang lebih
solid dari model yang telah dibentuk.
·
Animasi: Menetapkan/menampilkan kembali
tingkah laku/behavior objek bergantung waktu
Aplikasi
grafika komputer
Grafika
komputer dapat digunakan di berbagai bidang kehidupan, mulai dari bidang seni,
sains, bisnis, pendidikan dan juga hiburan. Berikut adalah bidang aplikasi
spesifik dari grafika komputer:
·
Antarmuka
pengguna (Graphical User Interface - GUI)
·
Peta
(Cartography)
·
Kesehatan
·
Perancangan
objek (Computer Aided Design - CAD)
·
Sistem
multimedia
·
Presentasi
grafik
·
Presentasi
saintifik
·
Pemrosesan
citra
·
Simulasi
Pemanfaatan Grafik Komputer :
1. Bidang Hiburan
Pemanfaatan dalam bidang hiburan sudah tentu pernahkan anda menonton film animasi 2D atau 3D ?. Dalam pembuatan atau proses produksinya memanfaatkan grafik komputer dengan cara penggambaran setiap gerakannya. Contohnya dalam film Toy Story 4.
Pemanfaatan dalam bidang hiburan sudah tentu pernahkan anda menonton film animasi 2D atau 3D ?. Dalam pembuatan atau proses produksinya memanfaatkan grafik komputer dengan cara penggambaran setiap gerakannya. Contohnya dalam film Toy Story 4.
2. Bidang Industri
Pemanfaatan dalam bidang Industri contohnya adalah pembuatan kerangka, Model, atau sketsa dari suatu produk misalnya mobil, pesawat terbang,motor dsb, Biasanya mengggunakan CAD (Computer Aided Design)
3. Video Games
Video game adalah permainan yang melibatkan
interaksi dengan user interface untuk menghasilkan umpan balik berupa
visualisasi pada perangkat video. Aplikasi banyak beredar di pasaran mulai yang
sederhana 2 dimensi, seperti tetris, hingga yang rumit, 3 dimensi, dan
memerlukan resource banyak, seperti game sepakbola Pro Evolutin Soccer. Dari
yang yang standalone hingga online network, seperti Ragnarok. Dari PC, console,
hingga mobile devices.
Pengolahan Citra
Pengolahan
citra adalah salah
satu cabang dari ilmu informatika. Pengolahan citra berkutat pada usaha untuk
melakukan transformasi suatu citra/gambar menjadi citra lain dengan menggunakan
teknik tertentu.
Pengertian
grafik berbeda dengan citra, Citra adalah gambar dua dimensi yang dihasilkan
dari gambar analog dua dimensi yang kontinu menjadi gambar diskrit melalui
proses sampling.
Pemanfaatan Pengolahan Citra :
1. Bidang Medis
Bidang medis, pada
bidang ini tentunya kita pernah mengetahui adanya digital radiografi (rontgen),
MRI (magnetic resonance imaging), dan sebagainya. Secara prinsip aplikasi
tersebut berfungsi untuk melakukan pencitraan yang digunakan untuk analisis
medis, yang membedakan hanyalah modalitas pencitraan dan target pencitraannya.
2. Bidang industri,
pengolahan citra telah diaplikasikan dalam bidang industri kususnya industri
manufaktur seperti sistem safety, quality control, dan pengembangan kendaraan
yang dipandu otomatis oleh komputer/mesin.
3. Bidang
militer, sudah tentu bidang militer sangat membutuhkan pengolahan citra untuk
pengolahan dan analisis obyek-obyek visual seperti citra radar untuk
menganalisis keberadaan obyek secara otomatis. Penerapan lain juga telah
dikembangkan suatu sistem pemandu misil untuk mendeteksi target.
Sumber :
Komentar
Posting Komentar